Minggu, 06 Januari 2013

Diesel Vs Bensin


MOBIL




Keunggulan dan Kelemahan Pakai Mobil Diesel dan Bensin - Dihadapkan keputusan untuk memilih mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar dan bensin terkadang cukup menyulitkan. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keputusan itu akhirnya kembali pada kebutuhan Anda. Jika tidak terlalu memperhatikan aspek kenyaman, trend, dan penampilan maka mobil bersenin diesel adalah pilihan yang tepat, terlebih jika digunakan untuk armada operasional usaha.

Tetap sebaliknya, bila ingin mendapatkan kenyaman gaya, serta akselerasi yang cepat pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin.

Dari segi konsumsi bahan bakar mobil diesel cenderung lebih irit dan biaya operasionalnya lebih kecil ketimbang bensin. Tapi bukan berati mobil bermesin diesel tidak banyak kekurangannya.

Berikut keunggulan dan kelemahan mesin diesel dan bensin:
Mitsubishi Pajero BBM Solar

Keunggulan Mobil Diesel

1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efesien.
2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara di jalan off road.
3. Berkendara dibawah sirama hujan lebat atau melintas dikondisi jalan yang banjir tidak perlu takut, karena ruang mesin diesel tidak komponen eletrikal seperti distributor atau kabel busi.
4. Bila rasio mesin bensin dibatasai oleh tekanan bensin dan udara. Pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang dikompres hanyalah udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaga akan bertambah dan sistem kerja mesin makin efisien.
5. Mesin diesel dikenal bandel. Bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada meisn bensin.

Kelemahan Mobil Diesel

1. Satu kelemahan yang paling dirasakan mobil diesel adalah suara mesin yang lebih berisik dibanding mesin bensin.
2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah
3. Untuk akselerasi mesinnya memiliki respon lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun kini, pabrikan sudah banyak mengaplikasi turbocharger untuk memperoleh tenaga spontan.
4. Beban pajak kendaraan bermotor diesel lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Karena kebanyakan cc mesinya lebih besarm dengan rata-rata 2.000 cc ke atas.
5. Harga mobil diesel kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin. Mobil diesel juga memiliki tingkat polusi cukup tinggi.



Nissan Grand Livina BBM Bensin

Keunggulan Mobil Bensin

1. Akselerasi mesin jauh lebih responsif dan tingkat polusi lebih rendah
2. Suara saat mesin dihidupkan hingga berakselerasi terdengar lebih halus.
3. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami sehingga dapat dengan mudah mengetahui gejala di komponen mesin jika terjadi kerusakan.
4. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

Kelemahan Mobil Bensin

1. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tinggkat putaran mesin tinggi.
2. Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir, karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU.
3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, ini menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensi dan tangki bahan bakar.
4. Untuk beberapa tipe mobil tertentu mengharuskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi di atas 91. Jika memakai di bawah 91, akan mengalami gejala knocking dari mesin yang berdampak menurunnya performa mesin.

http://otomotifplusplus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar