Selasa, 14 Oktober 2014

Telematika



Halo semua…. udah lama sekali iya saya gak update” info lagi. Nah, kali ini kebetulan saya lagi ada tugas nih jadi’a ngepost kembali ( I’ll be back ). Postingan saya kali ini menyangkut bidang Informatika ( baru kali ini sesuai jurusan dan bidang saya hahaha…) yaitu Telematika.
Denger” kata Telematika pasti udah gak asing lagi ditelinga pemirsa sekalian kan? pasti sepintas dipikiran kalian kata Telematika bersangkut paut dengan The Master of Telematika Indonesia yaitu Bapak Roy Suryo, iyaaaa kan???? Tapi beliau sekarang sudah menjabat menjadi Menpora di Indonesia. Tanpa basi basi lagi langsung aja saya akan membahas tentang Telematika Cekidooot!!!.

1. Pengertian Telematika

Tau gak sih ternyata kata Telematika itu berasal dari bahasa Perancis loh yaitu “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika itu sendiri ternyata merujuk pada cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.
            Penggunaan istilah telematika sendiri mungkin lebih akrab di telinga masyarakat umum dalam ranah hukum. Istilah ini, sering digunakan karena dianggap dapat membantu untuk mengungkap kebenaran dari suatu barang bukti, khususnya barang bukti yang berkaitan dengan media teknologi informasi, seperti video dan foto. Sehingga sangat membantu proses penyidikkan yang dilakukan oleh penegak hukum. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu sempat muncul beberapa video asusila yang cukup menarik perhatian masyarakat. Apakah benar video tersebut dapat diterima kebenarannya? Disinilah salah satu kegunaan telematika. Melalui analisa-analisa dari sisi telematika maka dapat diketahui kebenaran dari video asusila tersebut.

2. Media Komunikasi yang Digunakan untuk Telematika

- Internet
- Handphone
- Video Conference
- E-goverment (contoh : depok.go.id)

E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

-     E-commerce (contoh : bhinneka.com)

Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat klaim.
            E-commerce juga memiliki istilah lain yaitu e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melaluimobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri), bahkan membeli pulsa.


-     E-learning (contoh : v-class.gunadarma.ac.id)

Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.


Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas dapat dilakukan.


3. Harapan ke Depan Dengan Adanya TELEMATIKA di Indonesia

Harapan dengan adanya telematika yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah bahwa telematika dan medianya dapat digunakan secara positif dan tidak digunakan untuk kejahatan dan hal-hal yang berbau negatif. Karena dewasa ini, telematika di Indonesia banyak yang disalahgunakan.  Namun berkembangnya teknologi ini harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab dan tidak melanggar norma – norma yang berlaku.
Kemudahan dalam proses mendapatkan informasi semakin cepat, Transparasi dalam Informasi, Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan, Kemudahan dalam memperoleh data, Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Penghematan Waktu, Setiap masyarakat tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
Adapun semua hal tersebut sangatlah membutuhkan peranan dari berbagai pihak, diantaranya pemerintah maupun para ahli dan akademisi-akademisi untuk menyukseskan kegiatan pengembangan telematika di Indonesia agar Indonesia dapat diperhitungkan oleh negara-negara di dunia dan Indonesia tidak dianggap remeh oleh masyarakat dunia. untuk itu semoga kita semua suatu saat dapat berperan aktif dimulai dari hal-hal kecil yakni memperkenalkan teknologi telematika dilingkungan sekitar kita.


http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika







Tidak ada komentar:

Posting Komentar