Jumat, 28 September 2012

ORGANISASI, MANAJEMEN,dan TATA KERJA

ORGANISASI, MANAJEMEN, dan TATA KERJA


Hello, guys kali ini ane akan memposting sebuah informasi mengenai Organisasi, manajemen dan tata kerja nih. Berikut rincian’a dan semoga bermanfaat… :


Ø  ORGANISASI

Membecirakan mengenai organisasi mungkin gak asing lagi di telinga kalian semua bukan ???. Lagian siapa sich yang gak tau organisasi, bahkan setiap manusia di dunia ini pasti memiliki sebuah organisasi baik yang tertutup maupun terbuka. Nah, ada yang tau gak sich organisasi itu apa???

Organisasi adalah berkumpul’a sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama dengan bekerja bersama – sama dan merealisasikan tujuan ‘a. Iy.. klo organisasi di zaman sekarang itu disebut’a  “Komunitas “ contoh’a Komunitas motor( HTML ), komunitas sepeda, komunitas remaja di sebuah Rt      (Karang Taruna) dll. Berikut Pengertian Organisasi menurut beberapa tokoh :

1.       Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2.       .Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3.       Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh duorang atau lebih.

Ø  Ciri – ciri Organisasi

Ciri – ciri Organisasi yaitu :
F      Adanya komponen ( atasan dan bawahan) .
F      Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
F      Adanya tujuan .
F       Adanya sasaran
F      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .
F      Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.


Ciri – ciri Organisasi Modern :
F      Organisasi bertambah besar
F      Pengolahan data semakin cepat
F      Penggunaan staf lebih intensif
F      Kecendrungan spesialisasi
F      Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
F      Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
  

Ø  Unsur Organisasi

Berikut unsure – unsure organisasi :

ü  Man (orang )

Asal lo tau sob Dalam organisasi sudah pasti harus ada Man (orang-orang) dalam organisasi disebut dengan personnel. Didalam personnel terdiri dari pemimpin, wakil dan para anggota. Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

ü  Kerjasama

Kerjasama / suatu perbuatan bantu-membantu diantara para personnel suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Klo gak ad kerja sama dalam suatu organisasi maka tujuan yang akan mereka capai gak bakal tercapai, mending klo kyak gituu bubarin ajj..

ü  Tujuan Bersama

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kawan bbahwaTujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Klo suatu organisasi tidak memiliki tujuan arah hidup’a mending gak usah ada tuh organisasi seperti kyak pribahasa “Mati segan.. Hiduppun tak mauu..”

ü  Peralatan (Equipment)

peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

ü  Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,

Ø  Teori Organisasi

1.      Teori Clasic (teori tradisional )

Kawan… Dalam teori ini Organisasi sangat sentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori ini berkembang dalam 3 aliran kawan, yaitu :teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.

2.      Teori organisasi Neoklasik (teori hubungan masnusiawi)
Teori ini dikembangkan atas dasar teori klasik. teori ini menekankan pentingnya aspek psikologis dan social personnel. percobaan-percobaan Howthrone tahun 1924-1932 menunjukkan bagaimana kegiatan kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada operasi organisasi.

3.      Teori organisasi modern
Teori ini merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.

Ø  MANAJEMEN dan ORGANISASI

Sebelum ane menerangkan hubungan manajemen dan organiasi ane mau bertanya sama kalian semua. Apa sich hubungan antar manajemen dan organisasi??? Apakah ada hubungan’a??
Klo pendapat ane jelas ada donks.. mau tau alasaann’a???? WHY???
Hal ini dikrenakan Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Dengan adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain. Untuk  mencapai tujuan maka dibentuk suatu organisasi yang secara fungsional diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan.
Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.

Ø  MANAJEMEN dan TATA KERJA

Tata kerja atau metode sebagai satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.

http://rianprasetyamulya.blogspot.com/2009/12/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar